Pages

Monday, October 1, 2012

JENIS DAN TUJUAN PENGGUNAAN TEKNIK INKUIRI


Guru menggunakan suatu teknik dalam mengajar tentu mempunyai tujuan. Begitu pula guru menggunakan teknik inkuiri tujuan guru menggunakan teknik inkuiri adalah agar siswa terangsang tugas dan aktif mencari sendiri, serta meneliti sendiri pemecahan masalah itu, mencari sumber sendiri, merumuskan kesimpulan. Selain itu teknik inkuiri berusaha meletakan dasar dan mengembangkan cara berpikir ilmiah (Sujana, 1988: 66).
Sebagai pengembangan teknik inkuiri tertarik membantu siswa untuk menyelidiki sesuatu secara independen, tetapi dalam suatu cara yang teratur. Namun, belajar secara independen yang berlebihan bukan tujuannya ia menginginkan para siswa menanyakan mengapa peristiwa-peristiwa terjadi dan mengembangkan strategi intelektual yang dapat digunakan oleh mereka untuk menetapkan sebab akibat antar berbagai fenomena. Inkuiri penting untuk membawa siswa kepada sikap bahwa semua pengetahuan bersifat tentatif (sementara). Para ahli menemukan dan menghasilkan berbagai teori, tetapi beberapa tahun kemudian teori-teori tersebut akan di kesampingkan oleh teori-teori baru.
Pelaksanaan teknik inkuiri ini, dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu :
1.      Inkuiri Terpimpin
Pada tipe inkuiri terpimpin ini, pelaksanaan penyelidikan di lakukan oleh siswa-siswa berdasarkan petunjuk-petunjuk itu berupa pertanyaan-pertanyaan membimbing.
Pelaksanaan pengajaran dengan inkuiri terpimpin ini di mulai dengan memberikan pertanyaan inti, misalnya mengapa makhluk hidup memerlukan air? dari jawaban siswa, guru mengajukan pertanyaan melacak dengan tujuan mengarahkan siswa ke suatu kesimpulan. Kemudian siswa melakukan percobaan-percobaan untuk membuktikan pendapat yang dikemukakannya.
2.      Inkuiri Bebas
Pada tipe inkuiri ini, siswa melakukan penelitian bebas sebagaimana ilmuan, Masalah di rumuskan sendiri dan eksperimen di lakukan sendiri, serta kesimpulan di peroleh sendiri.
3.      Inkuiri Bebas yang Dimodifikasikan
Berdasarkan masalah yang di ajukan gum, dengan konsep dan teori yang mudah di pahami, siswa membuktikan kebenarannya.

No comments:

Post a Comment