Pages

Monday, October 1, 2012

LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN TEKNIK LNKUIRI

Proses belajar mengajar dengan menggunakan teknik inkuiri memerlukan kondisi kelas yang khusus. Guruhams mampu menciptakan suasana agar siswa dapat belajar dan bertindak dengan disadari kepercayaan pada diri sendiri. Siswa diberi kesempatan untuk memecahkan masalah yang di hadapi secara bebas dan di beri kebebasan untuk menentukan pendapat sendiri. Siswa perlu mendapat tantangan yang dapat menimbulkan rangsangan ingin tahu, merupakan potensi yang besar dalam proses belajar mengajar dengan teknik inkuiri yang dapat di kembangkan oleh guru. Hal inilah yang sangat menentukan kadar pencapaian tujuan pengajaran. Dalam pelaksanaanya teknik inkuiri terdiri atas lima langkah yakni:
1)     Menyajikan masalah dan menghadapkan siswa kepada situasi yang mengandung teka-teki
Pada langkah ini guru mengemukakan masalah dan menjelaskan prosedur inkuiri pada siswa, yakni hendaknya siswa mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang dapat di jawab dengan " Ya" atau "Tidak". Di samping itu, guru menjelaskan bahwa dalam proses inkuiri siswa akan membuktikan objek-objek dan kejadian-kejadian.
2)     Mengumpulkan data verivikasi
Pada langkah ini siswa menyelidiki hakikat objek-objek, kondisi-kondisi, dan menyelidiki peristiwa-peristiwa yang terjadi. Guru mengingatkan para siswa tentang keperluan mengkhususkan pertanyaan-pertanyaan. Selain itu, gurumeminta para siswa merangkum dan menyintesis informasi ke dalam masalah. Guru tidak menyatakan masalah pada permulaan, tetapi meminta siswa sendiri merumuskan masalah itu.
3)     Mengumpulkan data :eksperimentasi
Pada langkah ini siswa memisahkan variabel-variabel kondisi-kondisi yang relevan, serta menghipotesis dan mengetes hubungan sebab akibat. Eksperimen mempunyai dua fungsi, yakni eksplorasi dan tes ulang. Eksplorasi mengubah benda-benda untuk melihat apakah yang akan terjadi. Eksplorasi tidak memerlukan suatu teori atau hipotesis. Tes langsung berlaku jika para siswa menguji suatu teori atau hipotesis.
4)     Merumuskan penjelasan
Pada langkah ini guru mengajak siswa merumuskan aturan-aturan atau penjelasan-penjelasan. Guru meminta siswa agar memperjelas pernyataan teori dan meminta pengentasan teori yang akan mengesahkan penjelasan itu.
5)     Menganalisis proses inkuiri
Pada langkah ini guru dengan siswa bekerja sama menganalisis pola-pola penemuan mereka. Analisis itu berusaha mengikuti skema umum sebagai berikut :menetapkan fakta, menentukan apakah fakta itu relevan, dan mengembangkan konsep-konsep penemuan.
Roestiyah dan Yumiati Suharto dalam bukunya Strategi Belajar Mengajar mengemukakan langkah-langkah pelaksanaan teknik inkuiri sebagai berikut:
  1. Guru membagi tugas meneliti sesuatu masalah ke kelas.
  2. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, dan masing-masing kelompok mendapat tugas tertentu yang harus dikerjakan:
  3. Siswa mempelajari, meneliti, atau membahas tugasnya di dalam kelompok: siswa mendiskusikan hasil kerja kelompok, dan membuat laporan yang tersusun dengan baik :
  4. Melaporkan hasil kerja kelompok ke sidang pleno sehingga terjadi diskusi secara luas:
  5. Merumuskan kesimpulan
Agar teknik inkuiri dapat dilaksanakan dengan baik, diperlukan dengan kondisi-kondisi sebagai berikut:
  1. Kondisi yang fleksibel, bebas dari berintaksi:
  2. Kondisi lingkungan yang responsif:
  3. Kondisi yang memudahkan untuk memusatkan perhatian :
  4. Kondisi yang bebas dari tekanan.
Dalam teknik inkuiri guru berperan untuk:
  1. Menstimulasi dan menantang siswa untuk berpikir:
  2. Memberikan fleksibilitas atau kebebasan untuk berinisiatif dan bertindak.
  3. Memberi dukungan untuk inkuiri:
  4. Menentukan diagnosis kesulitan-kesulitan siswa dan membantu mengatasinya.
  5. Mengidentifikasikan dan menggunakan teach able moment sebaik-baiknya.

No comments:

Post a Comment