Social Icons

Pages

Monday, October 1, 2012

TEKNIK PENGAJARAN INKUIRI


Seperti halnya teknik ceramah, teknik inkuiri merupakan salah satu teknik dalam mengajar. namun teknik inkuiri bukan teknik tradisional, melainkan teknik modern.
Sebagai salah satu teknik mengajar, teknik inkuiri akhir-akhir ini banyak digunakan di sekolah-sekolah maju karena teknik ini merupakan salah satu cara untuk mengembangkan cara belajar siswa aktif. Tekmk ini mengandung nilai-nilai psikologis, berupa pengembangan kepercayaan diri untuk melakukan kegiatan intelektual dalam menghadapi masalah secara mandiri. Moh Oemar (1980 : 21 ) dalam bukunya Enguiry Discovery Problem Solving.
Men unit Moh. Amien Inkuiri adalah suatu pengalaman belajar yang di tempuh anak dengan cara merumuskan problem sendiri, membuat hipotesis sendiri, merancang eksperimen, mengumpulkan dan menganalisis data serta menarik kesimpulan. Berdasarkan pengertian-pengertian di atas, dapat penulis simpulkan bahwa teknik inkuiri ini berdasarkan adanya pandangan suatu motivasi atau dorongan ingin tahu siswa yang kemudian dikembangkan secara optimal melalui latihan-latihan dan eksplorasi dengan cara membentuk kelompok-kelompok diskusi, sehingga siswa dapat mengembangkan strategi intelektualnya.

No comments:

Post a Comment